Teknologi Untuk Penciptaan Kota Pintar

Penciptaan Kota Pintar

Kota pintar bukanlah utopia yang tidak dapat dicapai tetapi sesuatu yang harus mulai dikerjakan sekarang untuk dinikmati di masa depan. Kota-kota besar dan menengah sudah menerapkan tindakan dengan perkembangan teknologi masa depan. Dan itu akan membuat mereka menjadi ruang yang lebih adil, lebih sehat, dan lebih layak huni.

Teknologi Untuk Penciptaan Kota Pintar

Pengertian Kota Pintar adalah kota yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kualitas layanan dan kehidupan bagi penghuninya. Inisiatif kota pintar dapat mencakup apa saja mulai dari distribusi listrik, sistem transportasi, lampu jalan, dan bahkan pengumpulan sampah.

Idenya adalah untuk menggunakan data dan teknologi untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah dan lebih baik bagi orang-orang yang tinggal dan bekerja di kota, sambil memaksimalkan penggunaan sumber daya.

Dengan kemajuan teknologi, niat baik, dukungan pikiran kreatif dan tujuan yang jelas tentang apa itu kota pintar dalam melayani warga, transformasi kota akan terjadi.

Dan tidak hanya dalam masalah besar seperti konsumsi energi yang lebih rendah atau kota dengan kejahatan yang lebih sedikit  Juga dalam perawatan orang untuk kesejahteraan dan kesehatan mereka. Pengurangan bahaya bagi orang-orang dengan mobilitas terbatas, lansia dirawat dengan lebih baik dan tidak sendirian berkat robotika, jaringan 6G dan kecerdasan buatan, udara yang lebih bersih untuk mengurangi penyakit yang berasal dari polusi, akan menjadi beberapa dari perubahan ini.

Penting untuk diketahui bahwa 6G akan memungkinkan kecepatan sekitar 1000 kali lebih tinggi daripada koneksi saat ini. Ini akan memungkinkan implementasi dan pengembangannya untuk menciptakan kota pintar , masyarakat yang lebih adil, dan ekonomi yang lebih solid. Terserah semua orang untuk memutuskan bagaimana menggunakan teknologi terbaru dengan cara yang positif dan untuk kepentingan semua.

Berkat penyatuan 6G dengan teknologi lain seperti robotika atau kecerdasan buatan, masyarakat secara keseluruhan akan dapat menikmati kemajuan besar. Sebagai contoh? Kota dengan tingkat kejahatan yang lebih rendah dan kualitas udara yang lebih baik . Dan lalu lintas yang terkendali dan peningkatan keselamatan jalan , misalnya. Atau ahli bedah yang beroperasi dari jarak jauh dan menyelamatkan nyawa dari jarak jauh.

Beberapa teknologi yang dapat mengubah kota

Teknologi saat ini sudah mulai menciptakan kota pintar yang lebih layak huni. Dan itu meletakkan dasar agar aplikasi dan implementasi menjadi lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang. Sesuatu yang akan memiliki efek transformatif yang tampaknya utopis tetapi nyata .

Teknologi biometrik

Hal ini memungkinkan identifikasi berdasarkan pengenalan karakteristik fisik yang unik dan tidak dapat dipindahtangankan dari setiap orang. Ini sudah digunakan dalam pengenalan wajah untuk membuka kunci beberapa ponsel. Tapi bisa juga berdasarkan pengenalan pola sidik jari, iris, atau vena jari.

Penerapan teknologi ini di perbankan akan memungkinkan pembayaran tanpa kartu dan tanpa uang tunai yang aman. Ini juga akan meningkatkan keamanan bea cukai. Dan itu akan memungkinkan prosedur resmi dilakukan dari jarak jauh dari PC atau perangkat seluler dengan keamanan total, di antara kemajuan lainnya.

AI (Artificial Intelligence)

AI atau Kecerdasan Buatan kemungkinannya sangat besar di bidang yang berbeda seperti kesehatan, keamanan warga atau industri , di antara banyak lainnya. Untuk sebagian besar, implementasinya terkait dengan robotika. Ini mungkin terdengar seperti film fiksi ilmiah, tetapi ini adalah salah satu teknologi paling maju saat ini, meskipun implementasinya masih minim dibandingkan beberapa tahun mendatang.

Salah satu hal yang sangat menarik tentang teknologi kota pintar adalah mendorong warga untuk lebih terlibat. Contoh umum termasuk aplikasi yang memungkinkan warga untuk melaporkan masalah lokal dengan lebih mudah, atau platform jaringan komunitas yang memungkinkan tetangga untuk terhubung dan berbagi sumber daya.

 IoT (Internet of Things)

Jaringan rumah perangkat yang terhubung ke Internet akan segera menjadi kenyataan. Aplikasi praktisnya dan untuk kenyamanan rumah dan kualitas hidup mereka yang menghuninya beragam dan relevan. Teknologi saat ini sudah memiliki perangkat otomatisasi rumah untuk keamanan dan keberlanjutan yang dapat diakses dengan sedikit uang. Di antaranya, kamera pengintai video jaringan atau colokan pintar.

Berkat penyebaran luas konektivitas Wi-Fi, teknologi IoT, dan kamera CCTV, kota-kota dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keselamatan penduduk dan meningkatkan waktu respons insiden.

Bioteknologi

Bioteknologi telah hidup bersama kita selama beberapa dekade, tetapi potensi inovasinya sangat tinggi sehingga, meskipun telah berkembang selama beberapa waktu, ini dianggap sebagai salah satu teknologi yang akan memiliki dampak terbesar di masa depan.

Sampai saat ini, aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologis dan organisme untuk penciptaan atau modifikasi produk atau proses dengan penggunaan tertentu, telah memungkinkan manipulasi genetik untuk penyembuhan penyakit, produksi obat yang lebih cocok, bahan bakar berkelanjutan dan bahkan penciptaan teknologi pintar. kain atau enzim untuk deterjen dan kosmetik yang menggantikan komponen lain yang lebih berbahaya bagi lingkungan.

Tetapi baru lima tahun terakhir ini para ilmuwan dari seluruh dunia telah membuat kemajuan yang paling penting di bidang ini, terutama dalam industri makanan, pertanian dan obat-obatan. Kapasitas inovatifnya yang sangat besar memperlihatkan transformasi banyak sektor dan penggunaan sehari-hari yang kita ketahui, seperti pembangunan infrastruktur berkelanjutan atau regenerasi semua jenis kain (alami dan buatan).

Teknologi masa depan akan membawa perubahan transformatif. Itulah mengapa menarik untuk mempersiapkan mereka mulai sekarang. Tidak semua perubahan bergantung pada pemerintah dan perusahaan besar. Kreativitas, penggunaan sehari-hari, dan pengambilan keputusan pribadi dapat memfasilitasi transformasi positif masyarakat.

 

Teknologi Untuk Penciptaan Kota Pintar

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.