Teknologi Masa Depan Kain Pintar

Teknologi Kain Pintar

Perangkat pintar telah menjadi bagian dari normalitas kita dalam beberapa tahun terakhir. Kami menggunakan smartphone, gelang pintar, dan juga berbagai perangkat di rumah kami yang membuat hidup kami lebih mudah.

Dan menjadi semakin umum bagi perangkat yang paling biasa untuk menerapkan teknologi yang melampaui fungsi biasanya. Bahkan memiliki lemari es dan pengolah makanan yang terhubung ke internet menjadi lebih umum setiap hari .

Sesuatu yang banyak sumber dayanya telah dikhususkan adalah pengembangan perangkat pintar yang dapat kita bawa. Tentu saja, ponsel adalah contoh nyata dari hal ini, tetapi di masa depan kami dapat mengharapkan teknologi ini diterapkan pada objek lain yang sangat berbeda.

Teknologi Kain Pintar

Selama dekade berikutnya kita akan dapat menikmati penggabungan teknologi menjadi sesuatu yang tidak pernah kita tinggalkan tanpa: pakaian kita. Berbagai perusahaan telah mengerjakan kain pintar selama beberapa waktu , dan sepertinya kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mewujudkannya.

Produk kain atau tekstil pintar dapat memiliki kegunaan yang sangat beragam, yang memungkinkannya untuk diterapkan di area di luar kehidupan sehari-hari. Misalnya, pakaian dapat dikembangkan untuk mengumpulkan data tentang tubuh kita, seperti detak jantung atau tingkat oksigen atau gula darah.

Itu bisa sangat berguna pada pasien rumah sakit, dan pada orang yang menderita penyakit kronis atau yang memerlukan semacam pengawasan medis. Itu juga dapat membantu para atlet, karena mereka akan memiliki informasi setiap saat tentang kondisi fisik mereka.

Kain pintar dengan aplikasi lain juga sedang dikembangkan. Misalnya, ada beberapa yang didedikasikan untuk perlindungan (mampu bereaksi terhadap rangsangan eksternal dan mengubah strukturnya sesuai kebutuhan), atau kain yang mampu beradaptasi dan berubah berdasarkan suhu.

Kain pintar sederhana lainnya, yang sebenarnya telah ada di pasaran selama beberapa waktu (meskipun tidak dengan cara yang terjangkau) adalah tekstil yang berubah warna atau menyala.

Secara umum, kemungkinannya tidak terbatas, dan diharapkan dalam sepuluh tahun ke depan, kain dengan aplikasi teknologi yang disertakan akan menjadi jauh lebih umum, menjadi perangkat lain yang kita gunakan sehari-hari.

Konsep dan Jenis Kain pintar

Kain pintar juga dikenal sebagai kain elektronik (e-textil), termasuk komponen elektronik dan melakukan beberapa fungsi.

Kain pintar adalah sistem cerdas yang dapat mengamati atau mengomunikasikan keadaan sekitar serta mendeteksi dan memproses keadaan pemakainya . Mereka menggunakan input dan output listrik, termal, mekanik, kimia, magnetik, dan lainnya.

Istilah “bahan pintar” diciptakan untuk pertama kalinya pada tahun 1989 di Jepang. Bahan tekstil pertama yang diberi label sebagai tekstil pintar adalah benang sutra dengan efek memori.

Penemuan bahan memori bentuk pada tahun 1960-an dan gel polimer cerdas pada tahun 1970-an, di sisi lain, secara luas dianggap sebagai kelahiran bahan pintar yang sebenarnya. Bahan cerdas dalam tekstil tidak diluncurkan di pasar sampai akhir 1990-an.

Saat ini, kain pintar jauh lebih kompleks, terkadang diberi label sebagai komputer yang dapat dipakai. Bahan listrik yang digunakan dalam pakaian cerdas tidak boleh mengganggu kenyamanan pakaian bahan tekstil konvensional.

Dapat dipahami bahwa kain pintar adalah sistem komputer sederhana dengan lima fungsi mendasar: sensor, pemrosesan data, aktuator, penyimpanan, dan komunikasi. Namun, integrasi komponen digital harus konsisten dengan fungsi pakaian seperti kenyamanan, daya tahan, ketahanan, dll.

Tekstil cerdas atau cerdas diciptakan dengan bekerja sama dengan berbagai disiplin penelitian seperti nanoteknologi, ilmu material, desain garmen, elektronik, dan teknik komputer. Secara global, pasar tekstil pintar berkembang dan menjanjikan banyak hal.

Proporsi pasar konsumsi e-tekstil dibandingkan dengan kain tradisional tumbuh di negara-negara berkembang. Pasar kain pintar di seluruh dunia akan tumbuh dari $943 juta pada tahun 2015 menjadi $5369 juta pada tahun 2022. Karena banyaknya aplikasi di berbagai sektor, pasar kain inovatif global berkembang dan berkembang pesat.

Ada beberapa kategori tekstil pintar dalam literatur. Tapi salah satu yang paling banyak diterima adalah klasifikasi berdasarkan estetika dan fungsi kinerja pakaian.

Kain pintar estetika

Karena kemampuannya untuk menerangi dan mengubah warna, kain estetika yang cerdas digunakan dalam industri mode. Pakaian yang memancarkan cahaya dan gaun berwarna cerah adalah aplikasi khas dan komersial untuk tekstil yang estetis dan cerdas.

Kain pintar kinerja

Tekstil atau kain pintar kinerja dikategorikan menjadi tiga jenis berdasarkan kinerjanya, yaitu:

1. Kain pasif

Tekstil cerdas pasif adalah generasi awal tekstil cerdas yang mendeteksi keadaan eksternal, seperti pakaian pelindung UV, serat konduktif, dan sebagainya. Karena mereka hanyalah sensor, tekstil pintar pasif hanya dapat melihat sekelilingnya.

Kain pintar pasif kadang-kadang disebut “generasi pertama” dari tekstil cerdas, memiliki fungsionalitas di luar yang standar. Namun, perlu dicatat bahwa materi pasif biasanya tidak beradaptasi karena informasi yang mereka rasakan. Dengan kata lain, ketika keadaan lingkungan berubah, kainnya tetap sama.

Kain pendingin, misalnya, dapat membantu mengendalikan suhu tubuh tetapi tidak secara aktif menghasilkan kesejukan. Karena struktur kainnya, itu hanya membantu penguapan cairan lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk pakaian dan barang-barang lain yang mencakup perlindungan UV, anti-mikroba, dan fitur anti-statis.

2. Kain aktif

Tekstil pintar aktif beradaptasi dan memodifikasi fungsinya sebagai reaksi terhadap perubahan lingkungan eksternal atau masukan manusia, seperti gerakan atau cuaca. Kain ini dapat mengubah bentuknya, menyimpan dan mengontrol panas, dan melakukan fungsi lainnya.

Sementara tekstil pasif bergantung pada strukturnya, kain aktif bergantung pada listrik untuk mendukung aktuator dan sensor. Aktuator dan sensor ini memungkinkan material cerdas untuk mendeteksi sentuhan dan suhu serta menganalisis dan menafsirkan berbagai data lingkungan.

3. Kain ultra pintar

Kain ultra pintar memahami, bereaksi, dan beradaptasi dengan situasi lingkungan dengan cara yang sama seperti tekstil pintar aktif, tetapi mereka melangkah lebih jauh. Tekstil ultra pintar adalah bahan yang mendeteksi, merespons, memantau, dan beradaptasi dengan rangsangan atau kondisi lingkungan seperti termal, mekanik, kimia, magnet, atau sumber lainnya.

Tekstil ultra-pintar terdiri dari unit yang berfungsi mirip dengan otak, dengan kemampuan kognisi, penalaran, dan aktivasi.

Teknologi Masa Depan Kain Pintar

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.