Pengertian Peradaban

Pengertian Peradaban

Banyak orang yang menyamaartikan kata peradaban dengan kebudayaan. Padahal kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Kata peradaban (Civilization-bahasa Inggris) merupakan manifestasi-manifestasi kemajuan mekanis dan teknologis, yang direfleksikan dalam politik, ekonomi, dan teknologi. Sedangkan kata kebudayaan (Culture-bahasa Inggris) merupakan bentuk ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat, yang direfleksikan dalam seni, sastra religi (agama) dan moral.

Kata peradaban dalam bahasa Indonesia berkonotasi dengan pengertian adab, kesopanan, kesantunan serta kehalusan. Dan ada juga pendapat yang lain Peradaban adalah kemajuan material (ilmu dan teknologi), aspek kehalusan, penataan sosial dan aspek kemajuan lain.

Pengertian peradaban adalah segala bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra, maupun sosial, yang terdapat pada suatu masyarakat. Kata peradaban mempunyai kesamaan arti dengan kata al-hadharah (bahasa Arab) yang memiliki makna lebih menekankan ke aspek sosial, politik dan kelembagaan.

Pengertian Peradaban Menurut Beberapa Ahli

Berikut ini beberapa definisi atau pengertian peradaban menurut pendapat ahli, sebagai berikut:

Abdul Karim mengatakan peradaban adalah bagian-bagian dari kebudayaan yang memiliki sistem teknologi, seni bangunan, seni rupa, sistem kenegaraan dan ilmu pengetahuan yang luas. Dan ditegaskan lagi bahwa pengertian umum yang dipakai adalah peradaban merupakan bagian dari kebudayaan yang bertujuan untuk memudahkan dan menyejahterakan hidup.

Badri Yatim mengungkapkan bahwa peradaban adalah sesuatu yang dipakai untuk bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah.

Yusuf Qardhawi mengatakan bahwa peradaban adalah sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra, maupun sosial, yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa

Syed Naquib Al-Attas mengungkapkan bahwa peradaban itu ialah keadaan kehidupan insan bermasyarakat yang telah mencapai taraf kehalusan tata susila dan kebudayaan yang luhur bagi seluruh masyarakatnya

De Haan mengatakan peradaban adalah lawan dari kebudayaan. Peradaban adalah seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan teknologi.

Sedilot mengatakan bahwa peradaban merupakan khazanah pengetahuan dan kecakapan teknis yang meningkat dari angkatan ke angkatan dan sanggup berlangsung terus-menerus.

Beals dan Hoiyer mengatakan bahwa peradaban sama dengan kebudayaan apabila dipandang dari segi kualitasnya, tetapi berbeda dalam kuantitas, isi dan kompleks pola-polanya.

Chudoba and J.Schall menjelaskan bahwa Peradaban adalah gagasan-gagasan, karya-karya, alat-alat, adat istiadat dan pranata-pranata dalam masa lampau yang tak dapat diubah.

Antara Peradaban dan Kebudayaan

Dalam perkembangan ilmu antropologi kedua istilah yaitu peradaban dan kebudayaan terdapat perbedaan arti yang mendasar. Peradaban merupakan aspek khusus dari kebudayaan yang lebih maju. Baca lebih lengkap tentang pengertian budaya dan kebudayaan.

Peradaban merupakan manifestasi-manifestasi kemajuan dan teknologis, dan direfleksikan dalam bentuk politik, ekonomi dan teknologi (menekankan aspek sosial, politik dan institusional atau kelembagaan).

Sedangkan kebudayaan adalah bentuk ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat, dan lebih banyak direfleksikan dalam bentuk seni, sastra, religi dan moral (menekankan aspek rasional dan moral).

Kebudayaan (culture) maksudnya adalah suatu sikap batin, sifat dari jiwa manusia, yaitu usaha-usaha untuk mempertahankan hakekat dan kebebasannya sebagai makhluk yang membuat hidup ini lebih mudah dan indah.

Culture berasal dari kata Latin colere yang berarti mengelola, mengerjakan, terutama mengolah tanah atau bertani dengan kebudayaan. Sehingga berkembanglah arti culture sebagai segala daya dan aktivitas manusia untuk mengelola dan mengubah alam

Peradabaan (civilization) yaitu suatu aktivitas lahir yang biasanya dipakai untuk menyebut bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus, maju dan indah, seperti kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan.

Sedangkan kata peradaban ialah adab berasal dari bahasa Jawa Kawi, merupakan peranakan dari bahasa Sanskerta yang ucapannya adob yang berarti kesopanan, hormat-menghormati, budi bahasa, etiket, dan lain-lain. Di dalam bahasa Arab ditemukan juga kata Al-adab yang berarti perilaku/ kesopanan, dengan kata peradaban berarti kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir-batin.

 

Pengertian Peradaban

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.