Ares Dewa Perang Mitologi Yunani

Ares Dewa Perang Mitologi Yunani

Dewa Ares yang dikenal sebagai dewa perang merupakan salah satu mahluk mitologi yunani paling populer di seluruh dunia, Dalam mitologi yunani dikisahkan Ares adalah putra dari Zeus dan Hera sama seperti hercules dan Dikisahkan pula ares memiliki 2 pengawal bernama Fobos dan Deimos yang saat ini dikenal sebagai satelit di planet mars.

Ares Dewa Perang Mitologi Yunani

Ares memiliki sifat haus darah dan gemar merasuki manusia supaya melakukan pembunuhan. Selain di mitologi yunani nama ares dikenal juga dalam mitologi romawi dengan nama mars, bulan maret juga diyakini sebagai persembahan untuk ares alias mars dalam mitologi romawi.

Ares juga terlibat dalam pendirian kota thebes yaitu kota di yunani nama ares berasal dai bahasa yunani yaitu are yang kembangan dari kata ara yg berarti kutukan kehancuran : takut,sedangkan mars berhubungan dengan kata menghancurkan

Di dalam Mitologi Yunani Kuno. Ares merupakan simbol dari keberutalan, kekejaman, dan horor. Saudari Ares, Eris, memicu peperangan, Zeus mengahalangi jalannya, tetapi Ares mencintai perang untuk kesenangannya sendiri, dia menikmati hiruk-pikuk dan teriakan dalam perang, pembantaian manusia, dan penghancuran kota.

Dia bahkan tidak mengikuti keberpihakan, dia kadang-kadang mendukung satu pihak lalu membantu pihak lainnya, dia hanya melakukannya sesuai kehendak hatinya. Ares juga dianggap ikut berperan dalam kematian manusia yang disebabkan oleh wabah dan epidemi. Mirisnya karena Sifat Ares yang haus darah dan liar ini membuat dia dibenci baik oleh orang tuanya maupun oleh dewa lain.

Di antara para dewa, Ares adalah yang paling tidak dipercaya. Dalam Iliad dikatakan: “Kau adalah dewa Olimpus yang paling membenciku,” Zeus berkata pada Ares, “Perselisihan, perang, dan pembantaian adalah hal yang kau sukai.”

Ares berasal dari bangsa Trakia,yaitu bangsa barbar yang suka berperang. Ke sanalah dia pergi setelah perselingkuhannya dengan Afrodit terungkap

Sebagai dewa perang, Ares malah sering kalah dalam pertarungan. Athena pernah beberapa kali mengalahkan Ares. Hercules dan Diomedes juga pernah melukai tubuh Ares. Selain itu, Ares juga pernah dikalahkan oleh Aloadai, dan sepasang raksasa

Ares memiliki tombak berujung perunggu dan seperangkat baju perang (helm, perisai, sabuk, pelindung kaki) yang sangat berkilau. Berbeda dengan Anubis Dewa Mitologi Mesir Kuno.

Ares juga memiliki kereta perang yang ditarik oleh empat ekor kuda emas yang abadi dan mampu menyemburkan api:yaitu antara lain Aithon (“Api merah”), Konabos (“Kekacauan”), Flogios (“Nyala api”) dan Fobos (“Rasa takut”).Istananya di Trakia merupakan benteng besi yang dipenuhi harta curian.

 

Ares Dewa Perang Mitologi Yunani

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.