Kota-kota Yunani Kuno yang Masih Berdiri

Kota-kota Yunani Kuno

Yunani kuno telah menyebabkan daya tarik mulai dari saat awal keberadaannya hingga saat ini. Makedonia, Romawi, Arab, dan seluruh Eropa, dari zaman Renaisans hingga sekarang telah mengambilnya sebagai contoh pemikiran yang cemerlang.

Yunani kuno juga telah mengidentifikasinya sebagai tempat kelahiran peradaban, paradigma kecerdasan, contoh politik, guru sastra dan, tentu saja, ibu dari filsafat, ilmu pengetahuan, dari semua pengetahuan manusia. Namun, apa yang terjadi dengan kota-kota kuno di Yunani?

Kota-kota Yunani Kuno yang Masih Berdiri

Memang tidak semua kota Yunani kuno hancur, bahkan ada beberapa kota utama masih ada. Dan berikut ini adalah kota-kota yang paling penting Yunani yang ada sejak zaman kuno.

Athena: Kota termasyhur

Gereja Bizantium di Athena
Gereja Bizantium di Athena

Kota termasyhur Athena, seperti yang dikenal dalam bahasa Yunani, untuk sementara waktu, adalah yang paling kuat dari semuanya. Dan itulah, meskipun keunggulan politiknya berakhir setelah Perang Peloponnesia dan kekalahan di depan Sparta, ia terus menjadi kutub budaya yang tidak ada bandingannya di wilayah tersebut.

Tapi jasanya tidak hanya dari orang Athena. Polis menerima sejumlah besar imigran, beberapa di antaranya mencari di lingkungan filosofis mereka pengaturan yang ideal untuk mengembangkan teori mereka.

Banyak dari nama-nama kuno besar yang terkait dengan kota itu bukan orang Athena, tetapi karya mereka tidak diragukan lagi meningkatkan prestise dan kualitas pemikiran dan seni Athena.

Kota ini terus eksis terus menerus hingga hari ini, dan sejak kemerdekaan negara itu, kota ini menjadi ibu kota kebanggaan Yunani. Ini memiliki populasi sekitar 660.000 di wilayah metropolitan hampir empat juta.

Sparta: patriotisme, disiplin, dan perang

Prajurit Sparta, intisari konservatisme Yunani, khusus di antara semua polis dan jelas berbeda, adalah penyeimbang pemikiran dan demokrasi Athena.

Sparta adalah sebuah diarki; dua raja memerintahnya. Penalaran, pemikiran, tidak terlihat dengan baik. Anak-anak diajari membaca, berhitung, dan menghafal Iliad dan Odyssey, dan tidak ada yang lain. Spartan hidup dalam masyarakat yang memuja patriotisme irasional, disiplin besi, dan perang.

Pada tahun 395, Alaric, raja Visigoth yang berkuasa yang menjarah Roma, meruntuhkan kota itu hingga rata dengan tanah dan tidak pernah dihuni lagi. Bizantium akan mengisi kembali daerah itu dengan kota terdekat, Mystras.

Pada abad ke-19, raja pertama Yunani merdeka, Otto I, memutuskan untuk membangun sebuah kota di mana kota Lacedaemonian telah ditemukan. Sparta saat ini, dengan lebih dari 35.200 penduduk, adalah ibu kota provinsi Laconia. Terlampir ke kota saat ini adalah reruntuhan kota Leonidas, yang makamnya dapat dikunjungi hari ini.

Thebes: penting dalam mitologi

Satu-satunya kota yang mampu merebut supremasi politik dari Athena dan Sparta, salah satu yang paling penting dalam mitologi, Thebes, juga memiliki keberadaan yang berkelanjutan sampai zaman kita. Saat ini memiliki 30.000 penduduk.

Tesalonika: pusat komersial

Menara Putih Thessaloniki atau Thessaloniki
Menara Putih Thessaloniki atau Thessaloniki

Kota ini dinamai saudara tiri Alexander Agung, putri Philip II dari Makedonia. Dasarnya adalah Makedonia, bukan Yunani. Dengan cepat menjadi pusat perdagangan utama bahkan selama zaman Romawi. Saat ini kota kedua di Yunani dengan wilayah metropolitan yang melebihi satu juta penduduk.

Tesalonika menjadi salah satu pusat penerimaan terpenting bagi orang Yahudi Spanyol, Sephardim. Pada awal abad ke-20, kota ini memiliki populasi 120.000 orang, 80.000 di antaranya adalah orang Yahudi. Selama pemerintahan pasukan Poros, dalam Perang Dunia II, 98% dari mereka musnah.

Rhodes: pelabuhan yang makmur

Kota, ibu kota pulau homonim, adalah pelabuhan Doric yang makmur yang saat ini memiliki sekitar 50.000 penduduk. Hari ini adalah Situs Warisan Dunia untuk ansambel sejarah abad pertengahan.

Patras: posisi strategis

Meskipun itu bukan salah satu kota terpenting selama zaman kuno, posisi geografis Patras yang menguntungkan memungkinkannya untuk terus ada tanpa gangguan. Hari ini adalah salah satu pelabuhan utama Yunani dan dianggap sebagai titik utama persatuan dengan Barat. Populasinya hampir 170.000 jiwa.

 

Kota-kota Yunani Kuno yang Masih Berdiri

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.