Pengertian Era Posthuman (Pascamanusia)

Era Posthuman

Pengertian Posthuman (Pascamanusia) adalah sebuah konsep yang berasal dari bidang futurologi, fiksi ilmiah, seni rupa kontemporer, serta filsafat untuk menggambarkan seseorang atau entitas yang berada dalam keadaan di luar batas-batas yang dimiliki manusia.

Lebih khusus, posthuman (pascamanusia) lahir ketika manusia menggabungkan dirinya dengan teknologi, yang merupakan ciptaan manusia, dimana manusia membuka pola informasi sehingga teknologi dapat mengetahui, membaca, menerjemahkan, dan menafsirkan keinginan manusia.

Dengan demikian, teknologi membantu manusia untuk mewujudkan segala keinginan manusia. Setidak-tidaknya manusia percaya bahwa dengan bantuan teknologi, manusia dapat mencapai harapannya.

Era Posthuman (Pascamanusia)

Pada masa ini, kita sedang berhadapan dengan era dimana kemajuan-kemajuan teknologi berkembang secara berlipat-lipat dalam bidang mikroelektronika, manipulasi gen, dan komunikasi, yang menunjukkan kemungkinan mengendalikan, mensintesakan, atau bahkan melebihi aspek-aspek alam yang hingga saat ini mengelak dari perintah kita.

Kecenderungan menuju ke kehidupan artifisial, kecerdasan yang disintesiskan dan telepresensi, mengikis jarak antara fenomena “alam” dan fenomena “buatan manusia”. Era inilah yang disebut dengan era posthuman.

Manusia telah membayangkan sejak lama bahwa kemampuan untuk mengembangkan dan mengendalikan teknologi merupakan salah satu dari karakteristik yang menjelaskan kondisi kita, sesuatu yang meyakinkan kita atas superioritas kita di atas hewan-hewan lain dan status unik kita di dunia ini.

Ironisnya, pengertian superioritas dan keunikan ini sedang ditantang oleh berbagai teknologi yang sedang kita ciptakan, dan ia memperlihatkan keunggulan yang seimbang antara manusia dan mesin yang sedang bergeser secara perlahan. Sudah menjadi fakta umum bahwa kebanyakan pekerjaan para pekerja manual dan administrasi sedang diotomatisasi atas dasar efesiensi.

Era posthuman atau era pascamanusia, dengan demikian, mulai sepenuhnya ketika kita tidak lagi menemukan keniscayaan atau kemungkinan untuk menemukan perbedaan antara manusia dan alam. Bukan berarti kategori-kategori manusia dan alam akan berhenti menggunakan pengaruh apapun atas fenomena global, namun ia akan menandai masa ketika manusia benar-benar beringsut dari kondisi eksistensi manusia (human) ke kondisi eksistensi posthuman.

Teknologi sebagai produk dari sains, seiring berjalannya waktu mengikuti kebutuhan manusia. Sebab, pada dasarnya teknologi diciptakan oleh manusia sebagai alat bantu dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi dianggap mewakili pola dasar perubahan alam dan penghuninya. Banyak negara, perusahaan, bahkan personal telah menginvestasikan dana dalam jumlah yang sangat besar untuk mengendalikan masa depan melalui kacamata teknologi.

Bagaimanapun juga, optimisme tentang kehidupan masa depan dapat dibangun ketika manusia terkoneksi antara satu dan lainnya dengan teknologi yang semakin mutakhir dan modern.

Beberapa hal positif dari adanya keterjalinan manusia dengan teknologi akansemakin mempertegas tentang kehadiran teknologi yang dapat mengekstensi kemampuan dan kebutuhan manusia, sehingga pada titik tertentu kemampuan teknologi yang sedemikian rupa bisa menyebabkan manusia ingin menjadi bagian dari teknologi hasil kreasi dan inovasi manusia.

 

Pengertian Era Posthuman (Pascamanusia)

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.