Kota-kota Kuno Terbesar di Dunia Pada Masanya

Kota-kota Terbesar di Dunia

Kota adalah salah satu pilar yang menjadi dasar dunia global tempat kita tinggal. Sejak lahirnya peradaban mereka telah berkembang sebagai lingkungan yang dinamis di mana pembangunan ekonomi telah mengalami pertumbuhan eksponensial.

Kota-kota Terbesar di Dunia Pada Masanya

Kota-kota terbesar (terpadat) di dunia telah berubah sepanjang sejarah karena berbagai alasan. Misalkan saja Kartago pada 300 SM salah satu kota terbesar di dunia dengan jumlah 700.000 penduduk. Republik Kartago menguasai sejumlah besar kekayaan dan tanah di sekitar Mediterania.

Namun, lebih dari satu abad kemudian, pada 146 SM, dibakar oleh orang Romawi. Itu berubah dari kekuatan utama menjadi benar-benar terhapus dari peta. Jadi, setelah pemusnahan Kartago, giliran Roma. Ini menjadi kota terbesar di dunia selama lebih dari 500 tahun yang kemudian jatuh sekitar 476 M, dan Konstantinopel kemudian mengambil alih.

Berikut ini beberapa kota terbesar dan terpadat pada era atau masanya.

Memphis, Mesir

Memphis, pada tahun 2.250 SM memiliki lokasi yang strategis, antara Mesir Hulu dan Hilir, para firaun menginvestasikan pajak seluruh negeri untuk membangun kota raksasa yang datang untuk mengumpulkan 35.000 orang.

Kota Memphis didirikan sekitar tahun 3050 SM. oleh firaun pertama Mesir, Menes atau Narmer, reruntuhan kota yang terletak 19 km selatan Kairo, di tepi barat Sungai Nil Memphis berfungsi sebagai tempat pemakaman beberapa firaun terpenting dari peradaban ini, yang membangun piramida dan Sphinx Agung .

Babel (Babilon)

Kota kuno terpadat lainnya adalah Babel atau babilon, ibu kota Kekaisaran Hammurabi, Babilonia yang megah. Kota ini mencapai populasi 60.000 jiwa. Babel adalah sebuah kota penting di Mesopotamia kuno yang didirikan pada 2300 SM dan peninggalannya kini ditemukan di Al Hillah, Kegubernuran Babil, Irak, sekitar 85 kilometer selatan Baghdad

Niniwe

Niniwe, di Irak saat ini, terletak di tepian timur sungai Tigris dan merupakan ibu kota kerajaan Asiria purba. Niniwe adalah kota besar pertama di dunia yang melampaui batas jumlah penduduk untuk pertama kalinya yaitu 100.000 orang lebih. Ini terjadi pada tahun 700 SM

Niniwe, sebagai kota kuno disebut “kota yang luar biasa agung” dalam Kitab Yunus. Situs kota purbakala ini terletak tepat di seberang kota Mosul, di Provinsi Ninawa, Irak.

Alexandria

Didirikan oleh Alexander Agung raja dari Makedonia dan pemimpin Yunani Liga Khorintos, pada 331 SM, Alexandria atau Iskandariyah dengan cepat menjadi kota terbesar di dunia. Beberapa bangunan paling indah dari dunia kuno dibangun di sana, seperti Mercusuar Alexandria dan Perpustakaan Besar.

Roma

Roma tumbuh terus menerus dari pendiriannya pada abad ke-8 SM dan melakukannya sampai menguasai semenanjung Italia, cekungan Mediterania dan Galia. Mendirikan Kekaisaran secara de facto , yang akan mencapai ekspansi maksimumnya pada abad kedua, di bawah mandat Kaisar Trajan, Roma dikukuhkan sebagai caput mundi , yaitu, ibu kota dunia.

Populasi kota Roma mencapai puncaknya pada tahun 100 M, ketika diperkirakan 400.000 penduduk tinggal di kota. Besar juga kapasitas gedung-gedung publiknya, seperti Colosseum dengan 80.000 kursinya.

Konstantinopel

Konstantinopel menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi pada tahun 324. Namun, tidak sampai jatuhnya Roma, kota itu menjadi kota terbesar pada masanya. Itu datang untuk memiliki 450.000 penduduk di abad ke-5.

Seiring waktu, populasinya menyusut, mencapai hampir 100.000 jiwa pada tahun 700 M, untuk kemudian bangkit dan menjadi salah satu kota terbesar di Barat hingga abad ke-18.

Chang’an

Kota Chang’an yang berada di Cina utara, adalah ibu kota sepuluh dinasti di Tiongkok, menjadi kota terbesar di dunia di bawah kendali dinasti Sui. Kira-kira pada tahun 700, berhasil mencapai satu juta penduduk.

“Chang an” berarti “kedamaian abadi” dalam bahasa Mandarin. Lokasi Chang’an pada masa Dinasti Han terletak di barat laut Xi’an, Shaanxi sekarang ini.

Kaifeng

Kaifeng, di Grand Canal China, adalah ibu kota dinasti Song. Kota ini untuk pertama kalinya mencapai populasi satu juta jiwa. Namun dinasti Song memindahkan ibu kotanya ke Hangzhou, menjadikannya kota terbesar dan paling megah di dunia.

Setelah jatuhnya dinasti Song dan Hangzhou, tidak ada kota yang mendominasi selama 200 tahun, sampai Nanjing berkembang di bawah kendali dinasti Ming.

 

Kota-kota Kuno Terbesar di Dunia Pada Masanya

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.