Futurologi Teknologi Dalam Tubuh Manusia

Teknologi Dalam Tubuh Manusia

Sesuatu yang sering kita lihat dalam beberapa tahun terakhir adalah pengurangan ukuran perangkat teknologi. Tentu saja, jika ada layar terintegrasi, biasanya lebih besar. Tapi itu adalah sesuatu yang dilakukan karena preferensi pengguna, bukan karena kebutuhan .

Perangkat penyimpanan informasi adalah kasus yang paling jelas. Hard drive eksternal yang pas di telapak tangan kita dapat dengan mudah menyimpan beberapa terabyte data. Dan kartu Micro SD, yang berukuran hampir seujung jari, sudah mampu menyimpan sekitar 1TB.

Teknologi Dalam Tubuh Manusia

Hal yang sama berlaku untuk perangkat apa pun yang kita gunakan setiap hari. Ponsel cerdas, kamera, televisi, komputer. Semuanya jauh lebih bertenaga dan fungsional daripada beberapa tahun lalu , meskipun ukuran komponennya telah berkurang secara signifikan.

Mempertimbangkan hal ini, tidak mengherankan bahwa beberapa perusahaan telah membayangkan kemungkinan menciptakan perangkat kecil yang dapat kita tanamkan di bawah kulit kita , sehingga menghilangkan kebutuhan untuk membawa produk pada kita.

Beberapa ahli memperkirakan bahwa selama dekade berikutnya kita akan melihat berbagai perangkat pintar yang ditanamkan di tubuh kita mencapai pasar. Dan prediksi ini tidak hanya berdasarkan imajinasi Anda; Sudah ada beberapa implan seperti itu.

Ponsel Dalam Tubuh

Jika Anda sudah terhubung ke ponsel Anda 24/7, jadi apakah terlalu berlebihan jika ponsel besok akan tertanam di tubuh Anda? Meskipun telepon ditanamkan ke kepala, tangan atau lengan Anda mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, itu benar-benar hanya langkah logis berikutnya.

Para ahli mengatakan “ponsel” yang dapat disematkan atau perangkat yang ditanamkan di dalam tubuh yang menggunakan teknologi nirkabel, mungkin dapat tersedia secara komersial pada tahun 2030.

Meskipun Anda mungkin tidak ingin menerima pesan teks atau panggilan telepon di kepala Anda, akan ada banyak peluang untuk aplikasi lain, terutama di bidang medis. Selama bertahun-tahun, dokter telah menanamkan alat pacu jantung untuk menjaga jantung tetap berdetak dan implan koklea untuk membantu orang mendengar.

Itu baru permulaan. Segera perangkat yang terhubung ke ponsel akan membantu memantau fungsi kesehatan seperti kadar glukosa pada pasien diabetes, melacak tingkat aktivitas pasien pada monitor jantung, atau mengirim peringatan tentang penyakit yang terdeteksi.

Meskipun kemungkinan ada banyak manfaat yang layak untuk teknologi semacam itu, ada juga kekhawatiran tentang privasi, pengawasan pemerintah, dan sekadar sampai ke tempat di mana manusia mengubah cara mereka berkomunikasi satu sama lain.

Pada beberapa kesempatan, chip kecil telah ditanamkan di otak yang dapat dikontrol dari smartphone apa pun dan memungkinkan kontrol aktivitas otak dan fungsi motorik tertentu.

Implan NFC

Dan beberapa perusahaan telah mengembangkan teknologi implan yang memiliki kegunaan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, di I am ROBOT mereka telah membuat implan NFC yang dimasukkan di bawah kulit tangan.

Implan NFC adalah transponder pasif yang dapat dibaca atau ditulis oleh transponder aktif seperti smartphone berkemampuan NFC. Implan chip NFC pada transponder inidimungkinkan untuk menyimpan data kecil yang dapat digunakan untuk identifikasi atau untuk berbagi media tertentu.

Implan NFC pada awalnya dibuat untuk hewan peliharaan untuk didaftarkan dan ditetapkan ke pemilik tertentu. Implan NFC sering digunakan untuk pembibitan sapi sebagai alternatif kancing telinga. Keuntungan dari kemungkinan penggunaan ini adalah bahwa implan dapat dideskripsikan baru untuk menyimpan kemungkinan alergi atau karakteristik hewan lainnya yang tidak konstan. Setelah beberapa waktu diketahui bahwa implan NFC juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi manusia.

Dari sudut pandang medis, juga bermanfaat untuk mengetahui apakah pasien memiliki alergi terhadap obat atau golongan darah mana yang dia miliki jika dia tidak dapat berbicara dengan dirinya sendiri. Ini sekarang berjalan lebih jauh sehingga pengguna implan NFC dapat menautkan kehendak mereka ke chip mereka dan ini dapat dipanggil dengan ponsel cerdas mereka.

Chip kecil ini memenuhi semua fungsi yang dimiliki perangkat NFC biasa. Misalnya, mereka memungkinkan untuk mengirimkan sejumlah kecil informasi , melakukan pembayaran, atau bahkan membuka pintu dengan kunci yang cocok untuk itu.

Karena chip NFC sudah dapat ditanamkan di tangan kita, dapat diasumsikan bahwa di tahun-tahun mendatang kita akan melihat bagaimana perangkat lain mengikuti jalur yang sama. Sehingga sangat mungkin prediksi para ahli tersebut menjadi kenyataan.

 

Futurologi Teknologi Dalam Tubuh Manusia

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.