Anubis Dewa Mitologi Mesir Kuno

Anubis Dewa Mitologi Mesir Kuno

Pernah dengar nama dewa anubis? Anubis adalah nama salah satu dewa dalam mitologi mesir kuno, umumnya dewa anubis ini digambarkan memiliki kepala berbentuk anjing, di dalam kepercayaan Mesir Kuno, anubis dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala anjing dan badan manusia.

Anubis Dewa Mitologi Mesir Kuno

Anubis adalah nama Mesir untuk dewa berkepala anjing yang berhubungan dengan mumi dan kehidupan setelah kematian pada mitologi Mesir. Pada bahasa Mesir Kuno, Anubis dikenal sebagai Inpu, (dibaca Anupu, Ienpw, dll.).

Penemuan yang tertua menyebut Anubis pada teks piramid kerajaan tertua, di sana ia dihubungan dengan kekerasan seorang raja pada saat itu.

Menurut cerita Anubis adalah anak dari Nephthys dan Osiris, Ini tentu menimbulkan pertanyaan “emang osiris selingkuh dari Isis?”

Begini lah asal cerita nya mengapa Anubis disebut merupakan anak dari Nephthys dan Osiris, dengan tipu muslihatnya Nephthys membuat osiris menjadi mabuk dan lalu menyamar menjadi Isis, osiris yang mabuk dan tidak sadarkan diri kemudian berhubungan dengan Nephthys, akhirnya dari hubungan gelap itu terlahir lah Anubis.

Anubis dipuja sebagai penemu pembalseman yang sangat populer pada budaya mesir kuno(lihat gambar di bawah yang menegaskan bahwa anubis dikenal sebagai dewa pembalseman).

Ia mengawasi pembalseman mayat. Ia menerima mumi ke makam dan melakukan Pembukaan Mulut dan kemudian melakukan upacara penyucian jiwa.

Menurut mitos Mesir kuno, Anubis membantu Osiris menghakimi jiwa orang mati, yaitu dengan meletakkan hati orang tersebut untuk ditimbang dengan sebuah bulu. Jika bulu tersebut lebih berat, maka dia tidak pantas masuk surga.

Dewa pembalseman mungkin terkait dengan serigala karena kebiasaan serigala untuk mengintai makam dan kuburan.

Salah satu alasan mengapa Mesir awal berusaha untuk membuat kuburan mereka lebih rumit adalah untuk menjaga tubuh mereka aman dari serigala. Wajar saja karena itu dewa mumifikasi akan terhubung dengan mereka.

Dengan menyembah Anubis, orang Mesir berharap untuk memohon kepadanya untuk melindungi mereka yang meninggal dari serigala, dan pembusukan alam.

Masih banyak dewa dewi mesir kuno lain yang populer dalam mitologi mesir kuno, nanti pada postingan selanjutnya akan kami bahas beberapa mahluk mitologi dari berbagai mitologi seperti mitologi yunani hingga mitologi mesir kuno dan juga mitologi jepang tentunya.

 

Anubis Dewa Mitologi Mesir Kuno

About the Author: KanalWaktu

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari waktu ke waktu

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.